Pages

Sabtu, 21 Januari 2017

Blouse L'impatiente

Ada satu pola dari french indie pattern yang sudah lamaaa di stash dan baru sekarang saya sempat  jahit. Naksir modelnya yang simple sejak di launching oleh MLM Patrons tahun 2015, tapi selalu tertunda untuk merealisasikan blouse L'impatiente ini. Pola yang saya beli adalah versi PDF, lebih murah. Petunjuknya standar, ada skema yang bisa membantu, level jahit kategori Easy.
L'impatiente ada dua versi lengan, pendek dan lengan 3/4.


Kain chiffon sekitar 1m40 dari Mondial Tissu ini termasuk 'reseh' 😜 untuk di jahit. Tapi karena saya suka warnanya, jadi ya apa boleh buat. Untuk membantu handle kain yang lemas ini saya pakai ramuan spray starch andalan nan hemat 😁
bagian dalam depan


Saya cut di size M, seam allowence saya tambahkan jadi 1½cm karena finishing pakai metode 'couture anglaise', tapi di bagian sleeve saya pakai mesin obras 😬 biar cepat ( bertepatan dengan tayangan pelantikan pak Trump 🇺🇸, mau nonton tv) 😉. Model lengan saya pilih lengan 3/4.

Beberapa alteration pola yang saya buat sebelum ✂︎ kain :
  • Swayback 3cm
  • Kurangi 4 cm panjang bodice, kurangi 4cm bagian curve hem, karena ingin tidak terlalu panjang bagian curvenya. Total memperpendek 8cm 
  • Sleeve total kurangi 5½cm ( di atas dan di bawah siku)
Untuk finishing neckline, pada awalnya saya ingin menggunakan facing, tapi bingung bagaimana caranya karena saya berencana pakai sistem burrito untuk membalikkan bagian bahu nantinya.
Sempat diskusi sama my bestie ( coucou 👋) kemudian saya diberi saran dan dibuatkan sketsa back facing. Dengan sisa kain yang tidak banyak, saya coba potong tapi salah potong 🙈, akhirnya dengan sambungan  kain yang masih tersisa saya buat binding tape sekitar 40cm. Rencana awal gagal, saya pake bias binding untuk finishing neckline 😐.  Sebenarnya tidak ada masalah pakai bias, karena bila mengikuti pola memang finishing menggunakan bias tape. Tapi pada umumnya saya lebih suka pakai facing. Ini hanya masalah selera saja 😉
Kunci kerapian jahit bias di neckline bulat ini menurut saya adalah clipping sebelum di lipat di ke bagian dalam/wrong side blouse.


Yang pasti  saya suka blouse l'impatiente ini. Terbayang untuk jahit lagi di jenis kain viscose atau bahkan di buat lebih panjang jadi dress, lengan pendek dan pakai belt 💃🏻.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar