Pages

Selasa, 29 Maret 2016

Chemise Mélilot

Saya langsung jatuh hati begitu pertama kali melihat pattern Mélilot Shirt (Chemise Mélilot) 14€ paper pattern dari french indie pattern Deer and Doe (D&D). hohoho.. iyaaa, karena ini model kemeja ;)
Chemise Mélilot adalah salah satu pattern koleksi Spring/Summer yang saya tunggu dengan tak sabar, karena koleksi Autumn/Hiver 2015 kemarin tidak ada yang bikin saya jatuh hati.
D&D mengeluarkan pattern dalam dua bahasa, inggris dan prancis. Petunjuk dengan gambar yang cukup jelas hadir dalam bentuk booklet, pattern di kertas tebal yang bikin pattern ini bisa 'awet', tidak gampang sobek. Walaupun pada dasarnya pattern D&D di design untuk type body hourglass, tidak seperti type body saya , tapi saya pikir cocok aja tuh buat saya :p. Saat buat adjustment patron, bila di perlukan, di bagian waist tinggal di tambah beberapa cm dan simsalabim...jadilah pattern not only for hourglass type !



Kemeja mélilot datang dengan dua model, model A lengan panjang dan model B lengan kimono. Karena ini adalah muslin wearable, saya pilih jahit model B, dengan menambahkan collar, yaa..saya suka collarnya yang agak oval.
Kain plumetis (swiss dot) warna hitam, beli di Mondial Tissu sepanjang 1m20, cukup untuk ukuran 40 yang saya pilih. ( ada sedikit kelebihan, untung saja, karena saya sempat salah jahit stand collar :D).
Vlieseline saya pakai H180, pilihan yang tepat, karena kain plumetis ini tipis, sehingga tidak kaku dengan pilihan vlieseline H180.
Adjustment yang saya bikin, hanya mengurangi panjang bodice depan dan belakang -8cm. Selain itu, mengikuti pattern original. Karena lengannya model kimono, sehingga tidak perlu mengurangi panjangnya lengan, seperti kebiasaan saya.
Proses jahit bagi saya terbilang lancar, tanpa ada kendala berarti, kecuali stand collar yang saya jahit sebelum sandwich sama collar, potong ulang patter nya, diberi interfacing lagi, lanjuuut.
Karena belum lama ini saya jahit Archer Popover, sehingga proses jahit collar dan buttonholes, etc, masih segar di ingatan saya, sehingga tidak perlu sering buka catatan ;)
Blouse mélilot berikutnya, saya ingin coba model A lengan panjang & kembali jahit lengan kimono ini pakai kain viscose.
yaaayy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar