Pages

Selasa, 05 Mei 2015

Blouse Juliette

Blouse Juliette  (15€) dari République du Chiffon sudah jadi incaran sejak dapat  image teasing dari designer pola nya. Suka model kerah  yang vintage & karena ini blouse --iyeeep..saya suka blouse/kemeja.

kain 1m50




Tertunda karena beberapa hal, akhirnya dapat kesempatan untuk jahit blouse idaman ini. Sesuai kolom ukuran saya jahit size 38- 40 (grading) :p  , tapi untuk cari aman saya jahit wearable muslin duluan.
Pilihan kain jatuh ke viscose dari Les Coupons de St Pierre ,  saya pakai kain 1m50 untuk bikin blouse ini (tentunya beda size beda kebutuhan kain). Kain viscose ini fluid, lemas, sedikit repot saat tracing,potong dan jahit. Tips semprot amidon (di Prancis) atau spray starch, bisa bikin sendiri - biar bisa bikin kaku kain, supaya  memudahkan proses potong & jahit untuk jenis kain seperti ini.
Ada beberapa metode lain, misalnya seperti metode pake kertas ini untuk bekerja pakai kain yang slippery seperti, misalnya kain silk, viscose atau crepe organza, etc.
Modifikasi pola yang saya bikin ;
  • shorten bodice front dan back 5cm
  • Tambahin full arm 1cm , menggunakan metode ini 
  • tambah panjang lengan 1cm, menggunakan metode seperti ini.  (rekomendasi saya untuk panjangin/pendekin pola)
  • Pindah/naikkan posisi bust dart 2cm, seperti ini.
Saat jahit tidak menemukan kendala yang berarti, petunjuk pola cukup jelas dan mudah di ikuti.

Tapi saat jahit kerahnya (yang telah di lapisi vlieseline H180) , saya sangat hati-hati dan pelan jahitnya biar jangan salah jahit yang bisa mengakibatkan kelebihan/kekurangan kain atau kerutan-kerutan di kain, untungnya berhasil dengan mulus.
Saran saya, jangan lupa menyalin dan menandai semua mark dari pola ke kain, akan sangat berguna saat jahit nanti. Kalau mark nya tepat hasilnya pun memuaskan ;)
Selain kerah, saat jahit lengan blouse juga perlahan saja. Jahit lengan baju saya kurang suka :p , very  intimidated! :(
jahit lengan

Modalnya adalah kesabaran dan perlahan jahitnya.
Untuk kancing, saya memilih pake kancing berlubang, sekalian mencoba buttonholler yang saya beli online di German beberapa waktu lalu. Hasilnya memuaskan :)

Taadaaaaa.. ini dia blouse Juliette idaman.

*fotopakainyanantinyusul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar