Pages

Kamis, 19 Maret 2015

Aime Comme Mademoiselle

*late post - 10 Februari 2015*





Pola ini bernama Aime Comme Mademoiselle dan merupakan salah satu produk dari Aime Comme Marie, satu indie brand Perancis di bidang pola menjahit dan kain. Pola blus ini dirilis sudah cukup lama dan peminatnya cukup banyak. Saya sendiri baru mencobanya Minggu lalu & ini adalah pola ACM yg pertama saya kerjakan.

Secara desain, keunikan terletak pada kerahnya. Kerah Peter Pan ini diposisikan lebih rendah dari yang biasa kita lihat di pasaran. Kita bisa bermain dengan bahan yang berbeda namun serasi untuk kerah ini. Atau, kita bisa juga menyisipkan piping cord untuk menonjolkan bentuknya bila bahan yang dipakai sama. 

Karena kerah ini rendah maka desain pola Aime Comme Mademoiselle tidak memerlukan retsleting maupun kancing. Creator-nya sendiri menyebut pola ini sebagai tunik. 

Sizing dari pola ini hanya ada 3 yaitu S, M dan L. Dan seam allowance belum termasuk di dalam pola. Kita dianjurkan utk menambah 1 cm (dan 3 cm untuk hem bawah).

Konstruksi tunik ini pada awalnya mudah namun harus hati2 saat menjahit potongan kerah, jangan sampai hasil akhir setelah dipasang terlihat tidak seimbang. Problem mulai muncul saat pemasangan lengan. Ada kelebihan sekitar 3-4 cm di setiap potongan lengan saat disambung ke body. Saya cek ke blog penggemar pola ACM, ternyata ada beberapa orang yang mengalami hal sama. Saya mengakalinya dengan memperkecil/memotong kelebihan tersebut karena saya tidak mau membuat kerutan di puncak lengan. Ke depannya, saya akan mencoba untuk memodifikasi pola ACM ini sebelum mengcopy ke atas bahan.

Hasil akhir lebih panjang daripada pola aslinya karena memang saya modifikasi. 

Secara umum, pola ini simple. Cocok utk orang yang baru belajar menjahit asalkan berhati2 di bagian kerah. 

O iya, tentang kejelasan instruksi. Secara pribadi saya menilai bahwa instruksi cukup jelas dan ilustrasi gambar cukup membantu. Namun ada beberapa detail kecil yang kurang, yaitu:
  • informasi finishing dari pinggiran bahan setelah dipotong atau setelah dijahit (diobras atau di-zig-zag, untuk menghindari benang kain jadi brudul). Ini hal kecil tapi belum tentu semua orang tahu caranya. Dan cara yg tersedia itu cukup beragam. 
  • informasi press dan setrika paska setiap penyambungan dua potongan kain. Ini penting kl hasil jahitan kita ingin terlihat rapi.
  • arah lipatan seam kemana setelah dua potongan dijahit (dan disetrika). 

Semoga cukup jelas. Kalau bingung, silakan nanya ya...


Bahan:

  • Kain: Voile cotton dari Les Coupons de Saint Pierre, Paris
  • Piping: Mercerie Caréfil, Orléans

Tidak ada komentar:

Posting Komentar